.::| Prasetyo Peuru Henry Putra | @prasetyopeuru | prasetyopeuru@gmail.com | +6281287553107 | Indonesia | prasetyopeuru.tumblr.com | tabloidjejak.com | prasetyopeuru.com(coming soon) | @tyopeuru.thelevelman.or.id | Family: Peuru Modaso - Kawung Kumolontang | Mia Mori Kawanua | Single but happy and calm! | Haleluya | Tuhan YESUS adalah Tuhanku untuk selama-lamanya. Amen. | Dalam nama Yesus terpujilah nama-MU Tuhan YME. Amin. | Praise The LORD Above all names Lord JESUS Christ. Hallelujah! by Mr. POPUHYPAZ. (Tyo) | Times Young Organization. #JESUSINSIDE #JESUSFIRST then #youallguys! Haleluya! Thanks Yesusku :) |::.

Total Tayangan Halaman

Followers

Instagram

Flag Counter

free counters

Unggulan

Best of Jesus

Best of Jesus Dibuat oleh Prasetyo Peuru Henry Putra. Hal yang paling kusukai dari Tuhan Yesus ketika masih di dunia dan naik ke ...

Selasa, 30 April 2019

SOLUSI MENGATASI PERGAULAN BEBAS UNTUK PARA SISWA/GENERASI MUDA KHUSUSNYA GENERASI MUDA KRSITEN


MAKALAH
SOLUSI MENGATASI PERGAULAN BEBAS UNTUK PARA SISWA/GENERASI MUDA
KHUSUSNYA GENERASI MUDA KRSITEN

TEMA:
PERLUNYA BIMBINGAN BAGI SISWA MELALUI PENDEKATAN ROHANI
UNTUK MENANGGULAGI PERGAULAN BEBAS
DAN PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
DALAM MENCARI SOLUSI MENGATASI PERMASALAHAN INI”




Disusun oleh:
Prasetyo Peuru Henry Putra
JULIANA KUMOLONTANG, S.TH





KATA PENGANTAR


Puji syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan YME. Tuhan kita Tuhan Yesus Kristus. Karena Kasih-Nya yang luar biasa sehingga kita telah diberikan berkat melimpah untuk menyelesaikan makalah ini. Kami menyadari sepenuhnya bahwa makalah ini masih belum sempurna, dan perlu terus ada perbaikan menuju kesempurnaan. Maka dari itu, kami sangat membutuhkan masukan berupa kritik dan saran demi perbaikan dan kesempurnaan makalah yang kami susun ini.
Semoga dengan makalah ini dapat membantu dan memberi wawasan tambahan untuk para pembaca. Amin. Tuhan Yesus Kristus memberkati, Haleluya! Shalom. 😊

                                                                          Luwuk, Rabu, 01 Mei 2019

                                                                                          Prasetyo Peuru Henry Putra
JULIANA KUMOLONTANG, S.TH





DAFTAR ISI


Contents






BAB I

PENDAHULUAN

Di era digitalisasi, era Industri 4.0, dimana kemajuan Teknologi dan Informasi sudah semakin pesat, dan jauh berkembang. Maka dengan mudahnya generasi Milenial kita khususnya generasi muda Bangsa Indonesia, terlebih khusus pemuda-pemudi/remaja/anak-anak Kristen. Untuk mengakses apa saja melalu gadget Smartphonenya, misalnya game, Facebook, Whatsapp, Instagram, dan sebagainya. Dan sangat disayangkan, apabila generasi muda kita ini terlanjur membuka konten 18+ yang bisa merusak mental maupun psikis generasi muda Kristen kita khususnya. Maka dari itu perlu tindakan yang efektif dari para guru, khususnya guru Agama maupun para Majelis dan Hamba Tuhan yang ada untuk memberikan pengarahan pada generasi muda ini agar tetap berjalan dikoridornya atau jalan Tuhan.
Jangan sampai karena sudah tidak kuat dengan nafsu muda mereka karena sering menyaksikan video/gambar/cerita 18+, membuat mereka akhirnya melakukan hubungan intim sebelum menikah yang biasa kita kenal dengan istilah “Free Sex”.
v  Apa penyebab Pergaulan Bebas dikalangan muda-mudi?
v  Bagaimana cara mengatasi Pergaulan Bebas ini?
v  Kenapa Pergaulan Bebas ini bisa terjadi?
v  Dimana Pergaulan Bebas ini biasa terjadi?
v  Kapan seringnya Pergaulan Bebas terjadi?
v  Siapa yang menyebabkan Pergaulan Bebas ini bisa kerap kali terjadi?

Agar khususnya para Guru Agama Kristen bisa memahami kondisi mental/psikis/kejiwaan/perasaan para siswa yang sudah terlanjur atau belum sampai melakukan pergaulan bebas.
Kemudian mengarahkan para siswa agar berjalan menurut Firman Tuhan dan rajin berdoa serta Baca Alkitab ataupun berpuasa.
Semoga para generasi muda Kristen terlepas dari belenggu ikatan dosa.

BAB II

PEMBAHASAN

2.1 PENGERTIAN PERGAULAN BEBAS

Menurut seorang ilmuwan muda bernama Prasetyo Peuru Henry Putra, akrab disapa Tyo. Pergaulan Bebas adalah suatu kegiatan dimana para insan pribadi tua ataupun muda melakukan kegiatan yang tak bermoral secara terang-terangan ataupun tertutup untuk kepuasan pribadi. Terkadang ada banyak yang dirugikan karena aktivitas Pergaulan Bebas mereka, terkadang ada juga yang tidak. Tapi hal tersebut tetap salah dan jahat di Mata Tuhan.

2.2 MANFAAT PERGAULAN BEBAS

Lebih banyak teman dan koneksi. Tapi lebih banyak merugikan daripada dibilang bermanfaat.

2.3 KARAKTERISTIK PERGAULAN BEBAS

Karakteristik Pergaulan Bebas adalah orang yang sudah terbiasa hidup dalam lumpur dosa.

2.4 OBJEK STUDI PERGAULAN BEBAS

Bisa dilihat di link ini;
3       :      http://digilib.uinsby.ac.id/15762/

2.5 INTI DAN HAKIKAT PERGAULAN BEBAS

Kemajuan zaman dan lingkungan yang memaksa generasi muda pada akhirnya melakukan pergaulan bebas.

2.6 SIKAP SISWA TERHADAP PERGAULAN BEBAS

Harus menolak hal tersebut dengan mengandalkan Tuhan, sering berdoa, suka baca Alkitab, Ibadah, mempunyai hobi dalam berolahraga dan hal positif lainnya.

2.7 PENGARUH DUNIA INTERNET DALAM PERGAULAN BEBAS

Sangat besar karena walaupun di Indonesia sudah diterapkan Internet Positif, para generasi muda masih bisa mengakses situs dewasa dengan mengggunakan VPN(Virtual Private Network).

2.8 FAKTOR PEMICUH PERGAULAN BEBAS

Biasanya yang terbesar karena faktor lingkungan yang tak mendukung maupun lebih condong ke arah negatif.

2.9 FAKTOR PENYEBAB PERGAULAN BEBAS

Kurang kasih sayang, ingin kebebasan dan sebagainya.

2.10 MEMILIKI PIKIRAN KRISTUS

Milikilah pikiran Kristus dengan membaca Kitab Suci Firman Tuhan dan sejarah kisah Kehidupan Tuhan Yesus Kristus.

2.11 MENJADI TELADAN, TERANG, BERKAT DAN KASIH KRISTUS UNTUK SESAMA

Jadilah Terang dan Garam, Yesus berkata. Biarlah kita mengikuti panggilannya dalam kehidupan kita semua dan berbagi dengan sesam serta mencintai Tuhan lebih dari segalanya.




BAB III

PENUTUP

3.1 KESIMPULAN

Pergaulan Bebas memang sangat meresahkan dan memiliki dampak yang sungguh negatif. Sebagai pemerhati kehidupan KeKristenan kita harus membuat para kaula muda kita untuk menjadi insan yang Takut akan Tuhan. Karena Takut akan Tuhan adalah sumber segala hikmat dan pengetahuan.

3.2 SARAN

Walaupun dosamu merah seperti kermisi, tapi akan putih seperti salju/bulu domba asalkan kita bertobat dengan penyerahan total pada Tuhan Yesus Kristus. Jangan andalkan kekuatan sendiri, andalkan Tuhan disetiap lakumu.



DAFTAR PUSTAKA




Tidak ada komentar:

Quotes Holy Bible

Matius 6:33 -- "Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu." -- Lembaga Alkitab Indonesia (TB) Terjemahan Baru.

Youtube