Prasetyo Peuru Henry Putra | @prasetyopeuru | prasetyopeuru@gmail.com | +6281287553107 | Indonesia

Total Pageviews

Followers

Instagram

Friday, September 4, 2015

PETISI AKSES INFORMASI PENDIDIKAN DAN LAYANAN PUBLIK MELALUI SITUS RESMI NEGARA SECARA TERBUKA DAN KONTINU

PETISI AKSES INFORMASI PENDIDIKAN
DAN
LAYANAN PUBLIK MELALUI SITUS RESMI NEGARA
SECARA TERBUKA DAN KONTINU

|

Mendorong Pemerintah Menyajikan Situs Resmi Negara Bersifat Multifungsi
Khususnya Dalam Pelayanan Publik Dari Segi Edukasi
Memberikan Link Konten Unggah Gratis Berupa E-book Pendidikan Dan Semacamnya
Serta Pelayanan Publik Umum Lainnya



Menimbang beberapa kutipan dari Sistem dan Standar Pendidikan Nasional:

a. bahwa pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 mengamanatkan Pemerintah Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial;
b. bahwa Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 mengamanatkan Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa yang diatur dengan undang-undang;

c. bahwa sistem pendidikan nasional harus mampu menjamin pemerataan kesempatan pendidikan, peningkatan mutu serta relevansi dan efisiensi manajemen pendidikan untuk menghadapi tantangan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional, dan global sehingga perlu dilakukan pembaharuan pendidikan secara terencana, terarah, dan berkesinambungan;
------->
Dan bahwa dalam standar Pendidikan Nasional terdapat jalur formal dan nonformal, standar proses, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan lain sebagainya;
Maka melalui tulisan ini, saya mengajak para pembaca untuk ikut memahami beberapa gagasan yang saya ajukan dan ikut mendukung upaya meningkatkan mutu pendidikan dan akses informasi seluruh masyarakat Indonesia umumnya, terlebih khusus untuk penerus bangsa, para pelajar/mahasiswa, para pencari ilmu agar dapat dengan mudah mengakses dan mengunduh seluruh konten pendidikan, kurikulum, tutorial, informasi-informasi bermanfaat seputar ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan lain sebagainya. Hal ini juga dapat diterapkan untuk layanan publik dan pengembangan sumber daya manusia secara merata dan menyeluruh.
Sekali lagi ini adalah hak dasar tiap warga Negara Indonesia, tercantum dalam pembukaan UUD Negara Republik Indonesia 1945.
Bagaimana cara hal ini bisa tercapai? Adalah dengan cara memanfaatkan dan memaksimalkan fungsi dari teknologi itu sendiri, dalam hal ini yang akan paling saya tekankan adalah dari sisi Internet. Memang TV dan media cetak lainnya memiliki peran yang sangat penting dalam upaya peningkatan mutu pendidikan masyarakat Indonesia. Akan tetapi mengingat biaya pembuatan dan efektifitas serta efisiensi dari kedua media besar tersebut, menjadi lebih bijak, efetif, efisien dan lebih bermanfaat apabila penyebaran konten ilmu pengetahuan dan pendidikan serta informasi berbobot lainnya disebarkan melalui sarana prasarana dari media Internet.
Mengingat kita sekarang sudah berada di era yang sangat berbeda dengan masa sebelumnya, dimana sekarang segala informasi akan sangat dengan mudahnya diakses oleh tiap orang menggunakan fasilitas internet, entah itu melalui Komputer, ponsel pintar, ataupun lainnya. Apalagi masyarakat kita sekarang, khususnya anak muda, lebih banyak menghabiskan waktunya di depan gadget mereka masing-masing sambil menggunakan layanan Internet. Entah itu untuk mengakses hal yang bersifat edukasi, sekedar chatting di berbagai media social lainnya, atau yang lebih buruknya adalah mengakses serta mengunduh konten yang tidak baik. Hal ini tentunya sudah bukan lagi menjadi sesuatu hal yang mengejutkan. Sadar, tau, peduli atau tidak ini sudah merupakan rahasia umum. Dimana untuk segelintir orang, hal semacam ini sudah tidak dipermasalahkan lagi olehnya dan menjadi sesuatu yang wajar dan biasa.
….
Memang setiap orang memiliki hak untuk menggapai apa yang dia inginkan. Namun adalah bijak dan lebih baik apabila kita mengakses sesuatu yang benar-benar bermanfaat secara keseluruhan dan berpengaruh dalam jangka waktu yang panjang atau selamanya, bersifat keilmuan utamanya.
Kembali ke pokok permasalahan yang mau saya tekankan dan memberikan suatu saran gagasan sebagai solusinya, dengan ini saya sampaikan untuk meminta Pemerintah terkait untuk merealisasikan dan menggeborkan hal-hal di bawah ini:
Membuat media Internet berupa website yang khusus menampilkan berbagai informasi bermanfaat kepada Masyarakat Indonesia yang dapat di unggah secara gratis.
Isi dari konten Informasi tersebut utamanya untuk para pelajar, adalah berupa file-file pendidikan dalam bentuk pdf/epub/dan lain sebagainya. Dimana isi file-nya adalah pelajaran yang mau disebarkan Pemerintah menjadi sebuah buku semacamnya, seperti LKS dan lain-lain.  ---Ada baiknya buku yang mau diedarkan secara gratis ikut disebarkan file softcopy-nya di Internet, sehingga dengan mudahnya bisa diakses masyarakat umum. Tentunya ini bermanfaat mengurangi jumlah pengeluaran anggaran biaya Negara (dari segi pembiayaan pembuatan buku dan lain-lain) dan mengurangi resiko korupsi dari para petinggi yang nyaris salah jalan karena hampir tergiur atau tergoda dengan jumlah uang yang tak sedikit tersebut. Hmm….
Mengalihkan sebagian dana yang ada untuk proses periklanan besar-besaran dan ter-maintain secara terus-menerus, agar upaya pemberian akses informasi bermanfaat ini dapat diketahui dengan cepat, mudah, menyeluruh, dan menjadi topik yang dapat diperbincangkan setiap hari. Khususnya agar para muda-mudi lebih termotivasi untuk mencari, belajar dan membahas apa yang lebih penting untuk masa usia belajarnya melalui akes situs ini. ---Diharapkan juga materi tentang psikologi yang tepat sasaran untuk membantu meningkatkan mutu kehidupan sosial bermasyarakat para generasi muda, terlebih khusus.
Inti dari ketiga poin di atas adalah penyaluran dan pemberitahuan tentang segala macam hal bermanfaat untuk meningkatkan mutu pendidikan, ekonomi dan kualitas SDM.
Penyaluran secara gratis,
Pemberitahuan secara jelas dan menyeluruh terus menerus.
Sebagai poin tambahan agar Pemerintah juga membantu para programmer muda dalam mengembangkan sebuah software yang dapat mempermudah pekerjaan masyarakat, dimana software tersebut juga nantinya dibagi open source-nya untuk dipakai dan dikembangkan user (pengguna) lainnya. Software utamanya sendiri dapat dijual lebih mahal untuk Negara lain, dan lebih murah untuk negeri sendiri. Karena tujuan pembuatannya sendiri untuk meningkatkan kualitas dalam negeri. Serta hal ini bisa bermanfaat menarik pengunjung dari luar negeri.
Pemerintah juga wajib membimbing para hacker muda khususnya, agar bakat dan keahliannya tersebut dapat dipergunakan kedalam hal yang positif. Misalnya membantu meningkatkan kualitas security (keamanan) system rahasia milik Negara dan lain-lain. Menjaring mereka bukan untuk dipenjarakan atau diadili karena kesalahan mereka. Membantu mengarahkan dan membimbing (secara moril) serta meningkatkan kemampuan mereka, sehingga dapat diperdayakan Negara untuk berbagai macam hal positif bagi masyarakat dan Negara.
Mengajak lebih banyak lagi seluruh komponen Negara, segala keahlian yang dimiliki masyarakat melalui situs ini supaya ikut berpartisipasi mengembangkan situs dengan segala sumbangsih yang bisa masyarakat salurkan untuk kepentingan bersama.
Kelebihan gagasan ini sudah jelas dan tak perlu saya sebutkan lagi.
Kekurangannya sendiri (mungkin) terletak pada pembiayaan, khususnya kepada penyedia Informasi atau pun penulis. ---Namun, hal ini tentu tak dapat menjadi alasan gagasan ini dapat dibatalkan. Mengingat untuk biayanya sendiri, Pemerintah tentu pasti sudah tau dan dengan mudah mampu untuk mendapat pemasukan untuk Negara dari aktifitas ini. Entah itu melalui sponsor, system paid per click (PPC) dari Internet, system iklan dari internet, atau apapun itu. Pemerintah pasti lebih paham untuk mengorganisir hal ini jauh lebih baik lagi.
Kesempatan yang dapat diperoleh dari gagasan ini adalah akan semakin meningkatnya tingkat kepercayaan dan simpati publik kepada Pemerintah, meningkatkan kualitas Negara Indonesia di mata dunia, berbagai macam hal positif akan diterima dari upaya peningkatan kualitas situs ini. Serta akan meningkatkan jumlah para pekerja kreatif, mengurangi jumlah pengangguran. Bilasanya dibuka juga system dalam website untuk para penulis aktif maupun penulis apapun yang berkompeten memiliki hasil karya tulis yang berkualitas dan bermanfaat, meski hanya berisi tentang informasi yang sederhana, agar dapat diberikan kesempatan untuk mengupload karyanya ke situs yang saya sarankan ini dan mendapat kompensasi ataupun penghargaan yang setimpal untuk karya dan dedikasinya. Tentunya dengan pensortiran karya mana yang layak terbit. Juga yang saya sebutkan sebelumnya, seperti para programmer, bisa juga para graphic designer, animator, pembuat video/film, pelukis, pengrajin dan lain-lain untuk menerbitkan atau mempromosikan hasil karya mereka atau apapun yang ‘lulus sensor’ untuk ditampilkan ke dalam situs Negara. Dalam hal ini, fungsi website inipun akan menjadi multifungsi dan memiliki prospek tinggi jangka panjang ke depan. Masyarakat bisa menyampaikan seluruh aspirasinya dengan lebih mudah melalui situs ini. Dan masih banyak kesempatan keuntungan lain yang ada.
Ancaman yang mungkin saja muncul dari diadakannya hal ini adalah munculnya para hacker luar negeri yang fokus menyerang situs ini. Adanya komentator misterius yang mencoba melakukan sabotase dan lain-lain. ---Akan tetapi segala ancaman tersebut saya yakin dapat diatasi oleh Pemerintah dengan mengandalkan seluruh kemampuan para ahli dan teknisi yang ada, juga memanfaatkan para hacker Indonesia seperti yang saya sudah sebutkan sebelumnya. Apabila ancaman benar terjadi, saya yakin Pemerintah dan Negara tak akan rugi, malah justru mendapat dukungan dan simpati publik.
Dari SWOT(Strength, Weakness, Opportunity, Thread = Kekuatan, Kelemahan, Kesempatan, Ancaman) yang saya sebutkan di atas, saya yakin para pembaca jadi lebih memahami keunggulan dari gagasan ini. Maka dari itu saya mengajak seluruh komponen masyarakat untuk ikut mendukung, mengembahkan, memperlengkapi gagasan ini dan membantu untuk mengajukan dan mendesak Pemerintah yang berterkait dalam hal ini, agar bisa terwujudnya masyarakat umum yang lebih bermutu dan berkualitas, serta system pelayanan publik oleh Pemerintah yang lebih baik lagi.
Sebagai tambahan akhir, bahwa hal ini akan mampu memudahkan para peneliti dari berbagai bidang untuk upaya mereka dalam proses survey, studi kasus, dan berbagai macam bentuk penelitian lainnya dengan kerja-sama bersama Pemerintah.
Sebenarnya masih ada beberapa lagi yang mau saya sampaikan, namun saya rasa semua hal di atas sudah lebih dari cukup untuk menjelaskan inti dari maksud dan tujuan apa yang mau saya tulis dalam petisi ini.
Semoga Indonesia menjadi Negara yang jauh lebih maju dan lebih baik lagi ke depannya. Amin.


Selasa, 18 Agustus 2015
Prasetyo P.

Petisi ke Change.org

No comments:

Post a Comment

Be careful to comment!

Daily Quotes of Holy Bible

Daily Quotes of Holy Bible